SCROLL

WELCOME TO Uniek M. Sari's BLOG

Selasa, 27 Maret 2012

Sosialisasi Buku Panduan Bina Keluarga Balita


Bina Keluarga Balita merupakan kegiatan dengan sasaran keluarga yang memiliki Balita. Berdasar hasil pendataan keluarga tahun 2010 diketahui bahwa jumlah Balita di Kalimantan Selatan sebanyak 314.840 orang. Dari jumlah tersebut termasuk ke dalam 157.420 keluarga dan pada tahun 2011 sebanyak 57.651 atau  sebesar 37% keluarga yang menjadi anggota BKB aktif.
Dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan terhadap Kelompok BKB, Perwakilan BKKBN tidak dapat melakukan sendiri melainkan harus berintegrasi dengan kegiatan dari lintas sektor lainnya. Yang menjadi latar belakang atas integrsi kegiatan adalah bahwa kegiatan yang bertujuan pada peningkatan kesejahteraan rakyat merupakan kegiatan menyeluruh dari aspek fisik, psikis, materi dan immaterial sehingga semua sektor memiliki kepentingan dalam pelaksanaan pembangunan nasional.




Salah satu lintas sektor yang memiliki peran aktif dalam pembinaan keluarga Balita adalah Tim Penggerak PKK yang diberikan dari Pusat sampai ke pedesaan / kelurahan. Pada tanggal 27 Maret 2012, Tim Penggerak Propinsi Kalimatan Selatan memfasilitasi kegiatan Sosialisasi Buku Panduan Bina Keluarga Balita yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Pusat dengan mengundang Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Kalimantan Selatan.
Dalam sambutan pada acara Pembukaan Sosialisasi Buku Panduan BKB ini, Ketua TP PKK Propinsi Kalimantan Selatan menyampaikan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Propinsi Kalimantan Seatan seperti Pusat Pelayanan Pembelajaran dan Percontohan PKK (P4PKK) baik di Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan maupun di 13 Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan.

Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Ny. Vita Gamawan Fauzi (istri Menteri Dalam Negeri) memberikan pengarahan antara lain :
1.     Ucapan terima kasih atas kehadiran Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Kalsel, sebaba dalam pembinaan BKB, BKKBN merupakan mitra kerja TP PKK.
2.     Agar kader PKK di semua wilayah memahami maksud pemerintah dalam menaikkan harga BBM sehingga ketika ada demo maka demo ini diharapkan tidak anarkis yang berakibat pada terhentinya roda pemerintahan.
3.   Kegiatan-kegiatan yang sudah berjalan dipandang bagus dan pada tahap sesudah pembinaan akan dilakukan evaluasi baik dalam rangkaian Hari Gotong Royong dan Kesatuan Gerak PKK Tingkat Nasional yang puncaknya akan diselenggarakan di Propinsi Jawa Timur pada bulan Mei 2012 maupun dalam rangka Hari Keluarga Tingkat Nasional di Propinsi Nusa Tenggara Barat pada bulan Juni 2012.
4.     Sosialisasi Buku Panduan BKB ini disampaikan ke Ketua TP PKK Kabupaten/Kota terlebuh dahulu untuk kemudian melalui TP PKK Kabupaten/Kota diharapkan bisa tersebar ke kader BKB di wilayah masing-masing.
5.       Kegiatan di BKB merupakan hal yang penting dalam rangka memantau Tumbuh Kembang Anak.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan ke Taman mascot TP PKK Propinsi Kalimantan Selatan yang menggambarkan kegiatan P4PKKyang terangkum dalam foto-foto berikut ini.

3 komentar:

  1. sangat baik sebagai acuan dan pedoman kami untuk menambah wawasan pengetashuan

    BalasHapus
  2. bkb merupakan tujuan mulia dalam menyiapkan karakter ibu dalam berkeluarga khususnya dalam mengasuh anak agar terarah dan penuh rasa kasih sayang sehingga anak dapat tumbuh kembang dalam kasih sayang seorang ibu sehingga sebagai tunas bangsa dan juga bagi ibu merupakan pancaran sumber karismatik kasih sayang terhadap anak maka sangat penting adanya bina bina keluarga balita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas dukunganna Pak....sukses selalu untuk para pengelola pemberdayaan keluarga

      Hapus