SCROLL

SELAMAT DATANG DI Uniek M. Sari's BLOG

Jumat, 28 Desember 2012

LOMBA PEMBUATAN APE

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tapin, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Tapin bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapin menyelenggarakan lomba Alat Permainan Edukatif Tradisional bagi Kader BKB se Kabupaten Tapin. Terkait dengan hal tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapin meminta Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan untuk menjadi Tim Penilai Lomba APE dengan surat nomor 95/Pokja II/PKK.Kab/TPN/XII/2012 tertanggal 10 Desember 2012. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan menunjuk Kepala Sub Bidang Bina Keluarga Balita-Anak dan Ketahanan Keluarga Lansia untuk menjadi Tim Penilai pada lomba tersebut dengan menerbitkan surat tugas nomor 212/TU.201/J.1/K/2012 tertanggal 11 Desember 2012.

Indikator Penilaian

Kegiatan lomba dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 12 Desember 2012 pada pukul 10.00 Wita yang diikuti 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tapin. Tim Penilai selain dari Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan, juga berasal dari TP PKK Provinsi Kalsel, Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Tapin. Penilaian dengan melihat indikator antara lain :
  1. Komposisi Warna
  2. Multifungsi
  3. Kebersihan
  4. Keindahan
  5. Keamanan
  6. Bahan
  7. Cara Peragaan
  8. Tehnik Penjelasan APE
  9. Adanya modul.
 Indikator ini diharapkan sudah memenuhi kriteria terhadap pembuatan APE dalam rangka pembinaan tumbuh kembang Balita-Anak.Ini sejalan pengarahan Kepala BPPKB Kabupaten Tapin yang mewakili Ketua TP PKK Kabupaten Tapin menyebutkan bahwa tujuan lomba adalah untuk menggali kreatifitas kader dalam membuat APE sehingga bisa dimanfaatkan bagi keluarga dalam rangk mengoptimalkan tumbuh kembang Balita-Anak.
Beberapa hasil pembuatan Alat Permainan Eduktaif Tradisional yang dibuat oleh Kader BKB terlihat dari foto-foto berikut ini.










Berdasar hasil curah pendapat dan pengamatan diketahui beberapa hal sebagai berikut :
  1. Semua peserta memiliki kreatifitas dalam pembuatan Alat Permainan Edukatif dengan pewarnaan yang cukup menarik perhatian anak-anak dan bahan yang aman dipergunakan oleh anak-anak.
  2. Semua peserta dapat menjelaskan dengan baik jenis permainan berdasar kelompok umur dan tujuan dari Alat Permainan Edukatif yang dibuat.
  3. Akan tetapi, hampir semua peserta hanya terfokus alat sebagai alat permainan dan belum mengarah pada edukasi untuk meningkatkan tumbuh kembang anak.
Dari hasil penilaian tersebut, kepada peserta diberikan penjelasan tentang Alat Permainan Edukatif bagi anggota Bina Keluarga Balita meliputi pengertian, tujuan dan kegunaan, manfaat dan pembuatan APE.
Pemenang lomba adalah kader BKB dari Kecamatan Salam Babaris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Email

Entri yang Diunggulkan

MENILIK KELEMBAGAAN (Pengamatan dari 3 bagian)

S aya sudah pernah menulis mengenai kelembagaan BKKBN dalam artikel di  https://uniek-m-sari.blogspot.com/2015/02/uu-no-23-tahun-2014-dan-kk...