SCROLL

SELAMAT DATANG DI Uniek M. Sari's BLOG

Kamis, 19 Februari 2015

MEMAHAMI POLA PEMBANGUNAN DAERAH

Sebuah pembangunan terjadi dikarenakan adanya legalitas dalam sistem pemerintahan dan juga adanya peraturan hukum yang memayungi pelaksanaan sistem di dalam pemerintahan itu sendiri. Sisitem yang dimaksud disini terkait dengan sumber daya organisasi berupa manusa, peralatan, metoda, keuangan dan pasar atau target pelayanan yang masing-masing bergerak dan berfungsi namun satu sama lain saling berpengaruh.

Keberhasilan pelaksanaan pembangunan diukur melalui berbagai macam tolok ukur namun pada dasarnya mengacu pada pemenuhan kesejahteraan masyarakat. Saat sebuah lembaga memfokuskan kegiatan pada sarana dan prasarana maka kriteria meningkatnya kesejahteraan masyarakat diukur dari tingkat kemudahan sarana dan prasarana tersebut dalam mendukung masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar atau kebutuhan sekunder dan bahkan kebutuhan tertier-nya. Demikian pula dengan fokus-fokus kegiatan lembaga lainnya seperti perikanan, perkebunan, pertanian, tenaga kerja dan lain-lain.

Dalam sisitem pembangunan di Indonesia. pernah dilaksanakan pembangunan sentralistik. Pembangunan ini baik dari segi perencanaan maupun pelaksanaannya sangat bergntung pada pemerintah pusat. Pemerintahan di pusat negara mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang menjadi haluan pelaksanaan pembangunan dengan mengacu pada kebutuhan negara. Oleh karenanya, sebuah kebijakan akan dikeluarkan dan mengikat secara hukum masyarakat yang ada dalam negara dari tingkat nasional sampai dengan tingkat terendah yaitu kelurahan dan desa. Pada sistem ini, seringkali terjadi penyeragaman kebijakan yang sebenarnya tidak diperlukan oleh daerah tertentu meskipun daerah lain sudah tepat guna.

Reformasi kemudian mengambil peran dengan mengatur ulang formasi pembangunan. Pembangunan dipandang tidak lagi bisa bersifat sentralistik sebab kebutuhan setiap daerah berbeda. Oleh karenanya, otonomi diberlakuan dan daerah dapat melakukan pembangunan sesuai dengan kondisi sumber daya yang dimiliki daerah untuk memenuhi kebutuhan yang memang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah. Otonomi yang tepat adalah bila diberlakukan hanya untuk tingkat Kabupaten/Kota dengan asumsi, tingkat Kabupaten/Kota lah yang memiliki masyarakat sebenarnya. Akan tetapi kenyataannya, pemerintah juga menempatkan otonomi untuk provinsi yang notabene tidak memiliki kedekatan emosional sebagaimana Kabupaten/Kota terhadap masyarakatnya.

Pemerintah provinsi seharusnya hanya mengemban tugas sebagai perpanjangan pemerintah pusat sehingga pimpinan daerahnya tidak berasal dari partai-partai politik agar tugas regulasi, koordinasi dan fasilitasi tidak diabaikan akibat adanya perbedaan kepentingan politik. Dengan pimpinan provinsi berasal dari birokrat memungkinkan sebagai pemersatu dari kabupaten/kota yang ada sehingga kebijakan pusat yang seharusnya bisa diturunkan ke tingkat kabupaten/kota tetap dapat dikaji dengan lebih seksama. Selama dua periode pemerintahan pasca reformasi, konflik kepentingan antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten/kota tidak jarang terjadi dikarenakan pimpinan daerah mengemban visi dan misi partai yang jelas berbeda satu sama lain.

Pengubahan status penetapan pimpinan daerah provinsi tentunya akan jauh lebih penting daripada pengubahan status penetapan pimpinan daerah kabupaten/kota. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, kabupaten/kota lah yang secara de jure dan de facto memiliki luas wilayah dan penduduk, pemerintah daerah lah yang lebih memiliki keterikatan emosional dengan masyarakatnya. Oleh karena itu sudah seharusnya pula pimpinan daerah kabupaten/kota dipilih oleh masyarakat di wilayah tersebut.

Argumentasi  di atas didasarkan pada hasil pengamatan terhadap wilayah Kalimantan Selatan setelah Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan memutuskan untuk menggunakan aplikasi mutasi data keluarga online dalam upaya membuat peta keluarga agar pembangunan keluarga bisa lebih terfokus dan tepat sasaran sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan keluarga.

Pemerintahan adalah sistem besar yang terdiri dari banyak sub sistem. Berjalannya sub sistem juga sangat dipengaruhi oleh sub sistem yang lain. Diantara sekian banyak sub sistem yang bergerak, yang paling besar pengaruhnya adalah sub sistem pemerintahan itu sendiri. Dari proses input data diketahui kondisi-kondisi sebagai berikut :
  1. Wilayah Kelurahan dan desa tidak memiliki dusun atau rukun warga tetapi memiliki RT. Di Kalimantan Selatan terdapat 1 kabupaten yang tidak memiliki Dusun atau Rukun Warga. Padahal dilihat dari segi luas wilayah dan jumlah penduduknya sangat memungkinkan untuk membentuk RW atau Dusun.
  2. Wilayah Kelurahan dan desa dengan RW atau Dusun yang memiliki RT kurang dari 2 buah 
Perbedaan-perbedaan dalam menentapkan dusun/ruknn warga dan rukun tetangga ini berhubungan erat dengan peraturan hukum mengenai pembentukan RW/Dusun dan RT. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 72 tahun 2005 tentang  desa (“PP Desa”). Pasal 3 ayat (1) PP Desa menyatakan“Dalam wilayah desa dapat dibentuk dusun atau sebutan lain yang merupakan bagian wilayah kerja pemerintahan desa dan ditetapkan dengan peraturan desa.” Pembentukan Dusun/Rukun Warga didasarkan pada pelaksanaan pembangunan yang efektif dan efisien. 
Dikarenakan pembangunan merupakan sesuatu yang kompleks maka pengorganisasian masyarakat mutlak diperlukan agar pelaksanaan yang kompleks tersebut menjadi lebih mudah dilakukan. Oleh karenanya, ketika sebuah daerah tidak membentuk rukun warga atau dusun melainkan langsung ke rukun tetangga maka pengorganisasian-nya tidak semudah apabila ada rukun warga / dusun sebelum rukun tetangga. Komunikasi lebih efektif menggunakan RW baru ke RT daripada langsung ke RT dengan jumlah yang banyak.
Sebaliknya dengan daerah yang jumlah RT-nya sedikit kalau dibentuk RW/Dusun maka jelas tidak akan menjadikan efektif.
 

UU NO 23 TAHUN 2014 DAN KKBPK

Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah disyahkan pada 30 September 2014 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono merupakan pengganti dari Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah yang dinilai sudah tidak relevan lagi dengan perkembangan keadaaan, ketatanegaraan dan tuntutan penyelenggaraan daerah.

Pada Bab IV Urusan Pemerintahan Bagian Kesatu Klasifikasi Urusan Pemerintahan pada pasal 9 jelas membagi urusan pemerintahan absolut yang sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah pusat, urusan pemerintahan konkuren yaitu urusan pemerintahan antara pemerintah pusat dan provinsi berdasar pelaksanaan otonomi daerah dan urusan pemerintahan umum merupakan kewenangan presiden sebagai kepala pemerintahan. Pada pasal 10 merupakan rincian urusan yang dimaksud dalam pasal 9.

Pasal 11 membedakan antara urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar maupun yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar. Dalam  pasal 12 ayat 2 huruf h pengendalian penduduk dan keluarga berencana merupakan urusan wajib yang tidak terkait dengan pelayanan dasar. Jenis urusan pemerintahan konkuren disebutkan dalam lampiran sesuai dengan pasal 15.

Pada pasal 19 ayat 1 disebutkan bahwa urusan pemerintah konkuren yang menjadi kewenangan pemerintah pusat diselenggarakan a) sendiri oleh Pemerintah Pusat adalah apabila urusan pemerintahan absolut dilaksanakan langsung oleh kementerian atau lembaga pemerintah nom kementerian, b)melimpahkan kepada Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat atau kepada instansi vertikal yang ada di daerah berdasarkan azas dekonsentrasi c) menugasi daerah berdasar azas tugas pembantuan. Pada ayat 2 disebutkan bahwa instansi vertikal dibentukan setelah mendapat persetujuan dari Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat. Ayat 3 justru pada urusan pemerintahan absolut dan pembentukan instansu vertikal oleh kementerian yang nomenklaturnya secara tegas disebutkan dalam UUD 1945b tidak memerlukan persetujuan dari Gubernur sebagai wakil pemerintah Pusat. Urusan tersebut terdapat dalam pasal 10 ayat 1 huruf a sampai f terdiri dari urusan luar negeri, urusan pertahanan, urusan keamanan, urusan yustisi, urusan moneter dan fiskal nasional serta urusan agama.

Untuk melihat pelaksanaan urusan pada Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dapat dilihat pada Lampiran UU nomor 23 tahun 2014.

ISI LAMPIRAN

Dalam lampiran UU nomor 23 tahun 2014 huruf N disebutkan pembagian urusan pemerintahan bidang pengendalian penduduk  dan keluarga berencana dibagi ke dalam 3 sub urusan yaitu sub urusan pengendalian penduduk, sub urusan keluarga berencana dan sub urusan keluarga sejahtera.

Pada sub urusan pengendalian penduduk, pemerintah pusat melalui BKKBN dan Perwakilan BKKBN di Provinsi melakukan pemaduan dan sinkronisasi kebijakan juga penetapan perkiraan pengendalian penduduk secara nasional. Pemaduan dan sinkronisasi kebijakan inipun dilakukan oleh pemerintah daerah sedangkan di tingkat provinsi perkiraan pengendalian penduduk tidak diberikan kewenangannya melainnya menjadi pemetaan perkiraan pengendalian penduduk cakupan daerah provinsi. Pada level pemerintah kabupaten juga hanya melakukan pemetaan perkiraan pengendalian penduduk selain pemaduan dan sinkronisasi kebijakan kependudukan.

Pada sub urusan keluarga berencana, pemerintah pusat melalui BKKBN memiliki lima urusan menyangkut 1) penyusunan desain program dan pengelolaan advokasi-KIE pengendalian penduduk; 2) pengelolaan tenaga penyuluh KB/Petugas Lapangan KB 3) Pengelolaan dan penyedeiaan alokon untuk kebutuhan PUS 4) pengelolaan dan pengendalian sistem informasi keluarga dan 5) pemberdayaan dan peningkatan peran serta organisasi kemasyarakatan dalam pengendalian pelayanan dan pembinaan kesertaan ber-KB. Dari 5 urusan yang dilaksanakan pemerintah pusat, yang diserahkan kewenangan urusannya kepada pemerintah daerah provinsi sebanyak 2 urusan yaitu pengembangan desain program, pengelolaan dan pelaksanaan advokasi, KIE dan pemberdayaan dan peningkatan peran serta organisasi kemasyarakatan di provinsi dalam pengelolaan pelayanan dan pembinaan kesertaan ber-KB. Sedangkan ke pemerintah daerah kabupaten/kota, kewenangan yang diserahkan menjadi urusan pemerintah daerah Kabupaten/Kota sebanyak 4 urusan yaitu pelaksanaan advokasi-KIE pengendalian kependudukan,  pendayagunaan tenaga penyuluh KB, pengendalian dan pendistribusian alokon serta pelaksanaan pelayanan KB di daerah juga memberdayakan dan meningkatkan peran serta organisasi kemasyarakatan dalam pelaksanaan pelayanan dan pembinaan.

Pada sub urusan keluarga sejahtera kewenangan yang menjadi urusan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota sama sebanyak 2 kewenangan hanya saja memiliki tingkat kewenangan yang berbeda dimana pusat melakukan pengembangan desain program pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan keluarga, provinsi melakukan pengelolaan pelaksanaan desain tersebut dan Kabupaten/Kota melakukan pelaksanaan.
Pada sub urursan standardisasi dan sertifikasi hanya berada di tingkat pusat berupa standardisasi pelayanan KB dan sertifikasi tenaga penyuluh KB.

KEDUDUKAN PROGRAM KB

Dari pembahasan pada pasal per pasal terhadap Undang-Undang Pemerintahan Daerah ini jelas tergambar bahwa program pengendalian penduduk dan keluarga merupakan urusan wajib yang terbagi merata (konkuren) dari tingkat pusat sampai dengan Kabupaten/Kota. Akan tetapi, Undang-Undang ini masih memberi batasan dalam hal kewenangan dari pengelolaan pengendalian penduduk dan keluarga berencana seperti berikut ini 

  1. kewenangan bagi pemerintah pusat namun tidak diserahkan ke pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota yaitu standardisasi pelayanan KB dan sertifikasi PLKB/PKB serta pengelolaan dan pengendalian sistem informasi keluarga
  2. kewenangan bagi pemerintah pusat bukan kewenangan bagi pemerintah provinsi namun menjadi kewenangan bagi pemerintah kabupaten/kota yaitu mengenai distribusi alokon dan pelaksanaan pelayanan KB
  3. kewenangan pemerintah pusat diserahkan ke pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dengan tingkatan kewenangan yang berbeda seperti a) pemerintah pusat melakukan penyusunan, pemerintah provinsi melakukan pengem bangan dan pemerintah kabupaten/kota melakukan pelaksanaan, b) pemerintah pusat melakukan penetapan, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota melakukan pemetaan; c) pemerintah pusat melakukan pengelolaan, pemerintah kabupaten/kota melakukan pendayagunaan.

Dari rincian pelaksanaan urusan pemerintahan ini sudah sangat jelas, Undang-Undang Pemerintahan Daerah memberi garis yang lebih tegas lagi di dalam melaksanakan pembangunan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga oleh pemerintah.

STATUS BERDASAR  UU 23 TAHUN 2014

Sudah bisa dipastikan bahwa UU nomor 23 tahun 2014 tidak berbicara mengenai kelembagaan BKKBN melainkan menguraikan tentang urusan pemerintahan dalam pembangunan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga. Kelembagaan yang 

Secara kelembagaan pelaksanaan pembangunan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga lebih tepat mengacu pada UU nomor 52 tahun 2009 yang kemudian ditetapkan pula dalam Peraturan Pemerintah nomor 87 tahun 2014 ditanda tangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal  17 Oktober 2014 atau hanya 2 minggu sesudah UU nomor 23 tahun 2014 diundangkan tanggal 2 Oktober 2014.

UU 23 tahun 2014 menjadi landasan pelaksanaan keuangan yang dikelola oleh pemerintahan dan ini yang menjadi dasar pemikiran untuk menempatkan pengelolaan penyuluh keluarga berencana sebagai urusan pemerintah pusat sehingga pemerintah pusat memiliki kewenangan untuk memberikan dukungan anggaran bagi pelaksanaan penyuluhan KB di lini lapangan.

Dengan asumsi tersebut maka yang menyangkut sarana dan prasarana bagi penyuluh keluarga berencana  tidak diserahkan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota melainkan menjadi pengelolaan pemerintah pusat yang ditujukan pada pemberian daya dukung yang mengungkit kinerja penyuluh keluarga berencana seperti :

1.    Perubahan terhadap pedoman pembuatan angka kredit
2.    Tim penilaian angka kredit
3.    Penentapan tunjangan kinerja
4.    Pemenuhan sarana dan prasarana penyuluhan.

Undang-Undang 23 tahun 2014 juga tidak mengatur tentang perubahan status kepegawaian para pelaksana urusan pemerintahan melainkan mengatur hal tersebut pada peraturan pemerintah dan peraturan kementerian yang menangani urusan pemerintahan itu sendiri seperti tersebut dalam pasal 15 ayat 4 menyebutkan bahwa perubahan terhadap pembagian urusan pemerintah konkuren antara pemerintah pusat da daerah provinsi dan daerah kabupaten/kota sebagaimana dimaksud pada ayat 1 yang tidak berakibat terhadap pengalihan urusan pemerintahan konkuren pada tingkatan atau susunan pemerintahan yang lain ditetapkan dengan peraturan pemerintah.

Dengan  melihat pada lembaran N dapat diketahui tingkatan penyerahan urusan pemerintah konkuren di bidang Kependudukan dan Keluarga Berencana. Oleh karenanyaa, perubahan-perubahan yang terjadi akibat diterbitkannya UU 23 tahun 2014 ini masih harus ditindak lanjuti dengan terbitnya Peraturan Pemerintah.

Terbitnya UU nomor 23 tahun 2014 ini harus diikuti dengan lahirnya Peraturan Pemerintah. Hal ini tercantum dalam pasal 410 dari UU nomor 23 tahun 2014 tersebut. Yang dicabut dari pemberlakuannya akibat diterbitkannya UU 23 tahun 2014 terlihat pada pasal 409. 
Yang menarik adalah pasal 405 dimana serah terima personel, pendanaan, sarana dan prasarana serta dokumen sebagai akibat pembagian urusan pemerintahan antara pemerintah pusat, daerah provinsi dan daerah kabupaten/kota di atur berdasarkan Undang-Undang ini diberlakukan paling lama 2 (dua) tahun terhitung sejak Undang-Undang ini diundangkan. 

UU ini dapat dijadikan landasan hukum sektoral yakni yang berlaku hanya di lingkup wilayah sektor tertentu seperti terbitnya Surat Edaran Menteri Dalam Negeri yang hanya mengikat secara hukum di sektor kementerian dalam negeri.

Sepertinya, hanya ini yang bisa diuraikan dari lahirnya Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 bila dikaitkan dengan Pembangunan Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.  Kalaupun ada pemikiran untuk menyerahkan kelembagaan menjadi BKKBD sesuai amanat UU 52 tahun 2009 maka sebaiknya dikaji kembali unsur-unsur terbentuknya negara. 

Berdasarkan konvensi Montevideo tahun 1933 yang  merupakan konvensi hukum internasional bahwa negara harus mempunyai empat unsur konstitutif salah saltunya adalah harus ada penghuni yaitu penduduk. Oleh karena itu sudah seharusnya urusan penduduk menjadi urusan negara dalam hal ini pemerintah dan termasuk urusan absolut karena mempengaruhi dalam pembentukan negara.

Salam KB, 2 anak cukup.

Minggu, 07 September 2014

SUPERVISION

I have a  special notes,  about a corrupt minded. These notes are comes from reading, watching and listening

THE THREE of RESPOND 

The supervision member need files of organization budget. So, some of sub unit do what the supervisor member asked for. But there are three categories for fulfill of the asking.

First, the unit gave all of the files so the member of supervision can look the files clearly. For this unit, will be easy to coaching, Because the supervisor can knowing everything the wrong and the right of the budget file.

Second, the unit that gave the file with the selection especially the wrong files. It can be right because they know which one is right and which one is not right. The files that not right just because of everything. May be they didn't know how to make the report..... may be they didn't know how to using the safe budget. For this unit, just like the first one but the member of supervisor don't know the other files that may be isn't right too.

The third, is the unit that don't give even only one file to member of supervisor. This unit may be have a power in a budget planning. They didn't give the file because of many reason just only knowing by them. 

What do you think about the three respond, above ? Which respond is represent for a corruption minded ?

THE THREE of REACTION

When the member of supervisor arrived, there are three reaction that shown by the unit leader. This reaction is not including invited for  lunch or dinner.

First, just give the files that asked by the member of supervisor. This reaction just based on the right thinking that supervisor is the other coaching so they only the the right information to make the right budget report.

Second, they give the files but give the special things too. They gives things not by their own money but from the organization's money.

Third, they didn't give the files but give the best services.

What do you think about the three reaction, above ? Which reaction is represent for corruption minded ?

Please,  save our agreement for not corrupt. Salaaaam !!


MINTA MOBIL BARU

Menurut perasaan para pejabat di kantorku, mobil dinas sudah tidak layak pakai. Menurut perasaanku juga begitu. Akan tetapi menurut pengawasan, mobil itu sebanyak 3 dari 5 buahnya layak pakai. Nah, dimana letak permasalahannya ?

LAYAK dan TIDAK LAYAK

Konsep layak memiliki pengertian dengan indikator-indikator tertentu. Indikator konsep layak bisa bersifat kualitatif seperti mesin berfungsi baik, bisa jalan, tidak mogok, nyaman dikendarai dan bisa mengantarkan penumpang sampai di tempat tujuan. Indikator kualitatif semacam ini, lebih mudah dipergunakan. Oleh karenanya, pengawasan memberikan kesimpulan bahwa mobil dinas tersebut masih layak dipakai.

Akan tetapi konsep layak menurut pengawasan ini bisa dibantah kalau benar-benar menggunakan mobil tersebut untuk perjalanan dinas dari titik berangkat di kantor hingga titik tujuan misalkan ke Kabupaten Kotabaru atau Kabupaten Tabalong. Hal ini dikarenakan, untuk sampai ke titik tujuan, mobil-mobil dinas yang ada tidak se-layak yang dibayangkan. Boleh jadi, mobil akan mogok beberapa kali sehingga tidak efektif dalam hal waktu. Bisa jadi, mobil memerlukan bahan bakar yang lebih banyak sehingga tidak efisiensi dalam hal biaya. Bisa jadi fisik mobil mengakibat satu dan lain hal pada keselamatan pengemudi dan penampangnya.

Dengan adanya pertentangan antara layak menurut pengertian pengawasan dan layak menurut pegertian para pengguna maka sebenarnya dibutuhkan satu konsep layak yang bisa menjadi acuan dalam menetapkan kondisi sebuah kendaraan dinas seperti mobil dan sepeda motor.

MENENTUKAN KELAYAKAN

Indonesia adalah negara hukum. Oleh karenanya, segala sesuatu yang berkaitan dengan hajat hidup diatur dalam peraturan hukum. Demikian pula dalam menetapkan layak atau tidak layaknya sebuah kendaraan, telah diatur dalam :

  1. Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM.63 Tahun 1993 tentang Persyaratan Ambang Batas dan Laik Jalan Kendaraan Bermotor, Kereta Gandengan, Kereta Tempelan, Karoseri dan Bak Muatan serta Komponen-komponennya; 
  2. Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM.71 Tahun 1993 tentang Pengujian Kendaraan Bermotor
  3. Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM.9 Tahun 2004 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor;
Berdasarkan aturan hukum mengenai uji kendaraan bermotor ini jelas yang memiliki kewenangan untuk menentukan layak atau tidak layaknya mobil atau kenadaraan di jalan raya adalah Balai Pengujian Laik jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB). Bahkan seharusnya setiap kendaraan dilakukan pengujian secara berkala untuk mengetahui tingkat kelayakan jalannya.

Dengan menggunakan uji kelayakan sesuai dengan ketentuan ini maka kendaraan tidak hanya diuji secara kualitatif melainkan secara kuantitatif dengan ukuran-ukuran yang lebih bisa dipertanggung jawabkan sebab bukan hanya body kendaraan yang menjadi tolok ukur melainkan sampai dengan sistem yang terkecil akan mendapat pemeriksaan yang akurat.

MENDAPATKAN MOBIL BARU

Hasil dari uji kelayakan yang dilakukan oleh Balai Pengujian Laik jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) ini dapat dijadikan landasan pemikiran perlu atau tidaknya pengadaan kendaraan jenis roda empat atau roda dua untuk keperluan dinas.

Dengan alasan yang lebih bisa dipertanggung jawabkan secara hukum maka ketika kondisi menyatakan tidak layak maka memungkinkan untuk mengajukan pengadaan. Hal ini seharusnya menjadi landasan berpijak para pengelola program dimanapun mengingat pentingnya kendaraan bermotor untuk mendukung mobilitas administrasi dan pembinaan hingga ke lini lapangan.

Tulisan ini hanya sumbang pemikiran sebab ada keluhan bahwa keinginan mengadakan mobil untuk keperluan dinas yang terkendala mendapatkan persetujuan pimpinan. Mengapa tidak dicoba melalui jalur legal saja yaaa ?

Salaaaaaam perdamaian !!

GAGALNYA SEBUAH APLIKASI

PEMIMPIN

Organisasi tidak akan terlepas dari manajemen dan manajemen tidaka kan terlepas dari kepemimpinan dan berakhir pada pembuatan keputusan. Ini merupakan landasan pemikiran tentang perlunya pemimpin dalam sebuah organisasi yakni untuk mengambil sebuah keputusan.

Kepemimpinan itu sendiri terdiri dari beberapa jenjang sesuai dengan tingkat tanggung jawabnya. Semakin besar organisasi maka semakin kompleks kebutuhan akan jenjang kepemimpinan sehingga terkadang dipisahkan antara pemimpin lapangan dan pemimpin organisasi. Posisi pemimpin bukan hanya untuk membuat keputusan melainkan bertanggung jawab atasa keputusan yang ditetapkan sesuai dengan kedudukannya di dalam organisasi.

Pertanggung jawaban pimpinan di tingkat lapangan biasanya hanya  terbatas pada pelaksanaan keputusan yang diambil oleh pimpinan di tingkat middle manager dan high manager. Pada tingkatan manajemen, pemimpin lapangan merupakan tingkatan paling rendah. Oleh karenanya, tingkat tanggung jawabnya tidak sebesar meddle dan high manager. Pada jenjang ini, seorang lower manager yang berada di tingkat lapangan hanya memiliki tanggung jawab untuk memanfaatkan sumber daya organisasi untuk terlaksananya kegiatan agar tujuan organisasi bisa terwujud.

Berbeda dengan lower manager, middle dan high manager tidak hanya bertanggung jawab terhadap pelaksanaan kegiatan melainkan memiliki tanggung jawab terhadap biaya kegiatan, output dan outcome dari kegiatan. Boleh dikatakan, sepertiga tanggung jawab dari middle manager dipenuhi oleh para lower manager dan separuh tanggung jawab high manager dipenuhi oleh para middle manager. Akan tetapi untuk melihat cost benefit, output dan outcomes dari kegiatan merupakaan tanggung jawab penuh oleh middle dan high manager terutama untuk penerapan efisiensi dan efektifitas dalam organisasi. Inilah yang kemudian menyebabkan sebuah sistem tidak akan berjalan dengan baik bila salah satu tingkatan dalam organiasasi tidak terpenuhi.

APLIKASI DAN KEBIJAKAN

Organisasi yang besar dijaman modern seperti sekarang ini tidak dapat mengabaikan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi.Itu sebabnya, teori organisasi modern menempatkan waktu dan tehnologi sebagai salah satu unsur penting dari organisasi. Tingkat modern organisasi dapat dilihat dari seberapa luas penggunaan IT dalam pelaksanaan kegiatannya.

BKKBN sejak lama sudah dikenal sebagai organisasi pemerintah yang pengembangan IT nya cukup modern. Hal ini terbukti dengan penggunaan aplikasi laporan yang tidak lagi manual sejak tahun 2012 melainkan dilakukan secara online sedangkan sektor lain baru mulai pada tahun 2013 dan meningkat di tahun 2014. Bukan hanya itu, hingga saat ini, hanya BKKBN yang bisa melakukan kegiatan video conference untuk kegiatan tatap muka dengan jajaran provinsi dan pusat sehingga arus komunikasi lebih efektif dan efisien.

Salah satu perkembangan yang menjadi tuntutan di lingkungan BKKBN adalah terkait dengan validitas data yang menjadi sumber pelaksanaan pembangunan kependudukan dan keluarga berencana. Selama ini, data yang diperoleh dari sumbernya langsung yakni keluarga yang dilakukan setiap tahun, masih berupa angka besaran atau rekapitulasi sehingga kebijakan-kebijakan dalam pembangunan KKBPK hanya bergantung pada angka besaran tersebut. Padahal, untuk pelaksanaan program KKBPK secara sempurna diperlukan data mikro yang menggambarkan dengan jelas kondisi keluarga di seluruh wilayah Indonesia.

Terkait dengan itu, berkembangkan aplikasi pemutakhiran data keluarga online yang diharapkan bisa menginput data seluruh keluarga di Indonesia dalam server BKKBN Pusat. Akan tetapi, hal ini terkendala pada banyak hal terutama perbandingan antara waktu dan jumlah keluarga yang bisa diupload dalam aplikasi di server pusat. Akibatnya, sejak tahun 2012 aplikasi ini dikembangkan oleh BKKBN belum terserap semua keluarga masuk ke dalam aplikasi tersebut. Oleh karena data dipandang perlu maka diambil kebijkana untuk mengembangkan aplikasi yang sama dengan pusat namun berada di server provinsi.

PENANGGUNG JAWAB

Seperti telah diuraikan sebelumnya bahwa dalam organisasi terdapat tingkatan pemimpin. Ketika high manager memberikan kebijakan untuk menggunakan aplikasi yang memudahkan dalam peng-input-an data keluarga maka pemimpin di tingkat lower manager atau tingkat lapangan melakukan pengkajian kemungkinan dan kemudian memenuhi kebijakan tersebut dengan menghadirkan aplikasi sesuai kebijakan yang telah ditetapkan. 

Di atas langit masih ada langit demikian sebuah slogan yang kerap didengar yang sepertinya bukan sekedar slogan melainkan sesuatu yang nyata terjadi. Ketika aplikasi yang diharapkan high manager sudah bisa diwujudkan bahkan sudah berjalan, ternyata tidak dapat dipenuhi. Cost benefit, output dan outcomes yang seharusnya menjadi tanggung jawab middle manager tidak dapat berjalan sempurna karena salam sistem ini middle mamanger tidak bersifat permanent melainkan hanya pelaksana tugas. Tanggung jawab yang tidak penuh ini menyebabkan mandulnya keputusan penggunaan dana untuk memaksilmalkan fungsi aplikasi yang sudah dibangun. Middle manager yang hanya sebatas pelaksana tugas tidak memfokuskan diri pada program yang sedang dijalankan melainkan hanya sebatas pada anggaran yang akan dipergunakan.

Salah satu sarana yang diharapkan dapat menyempurnakan peng-input-an data ke server adalah berupa smartphone berjenis android. Dalam budgeting untuk keperluan ini sudah tersedia. Dalam planning, keperluan pengadaan android ini sudah matang. Akan  tetapi dikarenakan tidak ada middle manager sehingga komunikasi antar middle manager tidak bisa diwakilkan kepada lower manager sebab lower manager bukanlah pengambil kebijakan dalam hal penggunaan anggaran. Yang justru terjadi justru, middle manager yang bertanggung di bidang anggaran akan mengalihkan pengadaan android tersebut menjadi pengadaan mobil dinas. Ini menunjukkan betapa middle manager yang ada tidak berorientasi pada organisasi modern.

TERANCAM GAGAL

Aplikasi sudah dikembangkan. Organisasi sudah mendapat pujian dari berbagai pihak baik pemerintah daerah maupun pusat sebagai pioneer dalam hal penggunaan IT dalam pengumpulan data. Data yang dibutuhkan sudah tersedia di depan mata. Namun dukungan untuk sarana input data terancam gagal.

Sungguh, ternyata middle manager sangat diperlukan agar keinginan high manager yang dipenuhi oleh lowermanager tidak sia-sia di tengah jalan.

Tulisan ini hanya ungkapan kekecewaan penulis atas apa yang terjadi akhir-akhir ini setelah DIPA ONLINE diperbolehkan untuk dicairkan. Pengadaan android yang terancam batal karena middle manager di bidang anggaran tidak bisa melihat tingkat kepentingan suatu program melainkan hanya melihat tingkat kepentingan untuk perjalanan dinas dan memiliki mobil dinasbaru.

Salam KB Dua Anak Cukup !!

Kamis, 17 Juli 2014

TRYING TO KNOWING AND UNDERSTANDING

Data is the important thing for an organization. Base on data, the organization can do the functional of management. It start from a planning, data is one of basic resource.  And then, to organizing of man-material-method-market-money-machine organization, need data. After that, based on data also, organization can make an actuating so the goals of organization can be reached effectively  and efficiently.

So, in the past time we known that organization need a management and management have a leadership to make a decision, it’s not enough for today. The organization need data for doing the management functional before the leader make a decision. Without data, the decision like arrow that has no purposes.

A description about the important of data can look from the statement : If the garbage you bring in, you will get the garbage out.  Meaning is if the organization has the garbage of data so the decision will be the garbage too.

The importance of data also depend on how organization to collecting data.  There’re so many techniques to get or to collecting data. The National Population and Family Planning Board in Indonesia, use a different technique to collect the data accordance with the purpose of data collection.

Survey is one of technique of collecting data for make a decision.  As we know, technique to collecting data using the survey is not every population or families will be to be entry in data base. The survey always apply the statistic method like how many targets, how many samples, how many respondent, the probability value and so on. Because the statistic method is scientifically agreed so there will be no a doubted for the decision that based on a scientifically analyzed.

The other technique of collecting data that used by BKKBN is Collecting data of Family Planning, every year.  This technique is not using scientific principles, because every population and family will be entry to the data base.  So, within this technique, BKKBN has a complete of family data by name by address. These data useful for implementation of Family Planning program to the right targets.

Now, since a few days, I invited to following the workshop at John Hopkins University Bloomberg School of Public Health. This workshop is talk about Performance Monitoring Accountability 2020 (PMA2020). It’s my first time following the event in another country like Baltimore, USA. Not the country that makes me interested but the program PMA 2020 that really new program for me. This article wrote based on my experience for three days, here, trying ti knowing and understanding.

The Progress of  IT

At the beginning session of workshop of PMA 2020, Scott Radloff, PhD, as a Project Director of PMA 2020 explains to the participants about organization structure and management in Baltimore and across program countries. He said,  PMA 2020 is the follow up of London Summit in 2011. With the new technique to collecting data, use a smart phone so will be more frequently. This technique is to mark of data progress and evolution of technology. Introducing of program by Mr. Scott makes me knows one thing.

Knowing that I’m not the only person, who was build a program using a smart phone to collecting data. Because, before I go to this big country, I have been to start in collecting Family Planning Data using the smart phone. The collector data are the villages cadre of Family Planning and the Family Planning fieldworkers are do the entry data using smart phone.

The progress of IT in collecting data as the same as PMA 2020 that I have been to do,  makes me more interested to understand about PMA 2020. So that’s why I’m only listening, watching and writing without interrupting, asking or speaking.  The other side, this has related to the program of application of MDK that was National Board of Population and Family Planning of South Kalimantan Province has built.


Here are the important things that in my notes as long as presentation.

  1. The PMAS 2020 as the same as the other survey but the PMA 2020 using the smart phone. This specialization makes PMA looks like different because this survey has a attention to environmental sustainability (not use papers that comes from the trees); has consider the time for the effective and efficient survey ;
  2. As survey method, PMA 2020 still calculated about the population for choosing the clusters, enumerators, respondents, etc. But PMA 2020 focused to member of household to be survey’s respondent.  The member of household not only family (has blood relationship and marriage) but who was slept in the household although not a regular member of household, can be listed by enumerators;      
  3. The program application of PMA 2020 is more complete because not only have a Family Planning purposes but also for the healthy life program.  It's shown by the questionnaires for the respondent. It means the data from the PMA 2020 also has related with Millennium Development Goals 2015; 
  4. Just like MDK Application in South Kalimantan, the application of PMA 2020 is in the server and the clouds.  It can save so much data (no limit data) for a long time. The aggregate data, not on the application at the smart phone but in the clouds and in the server. It's looks like in South Kalimantan, the fieldworkers and the cadres only have an access to entry of the data to the server and clouds with a blank form in the smart phone, but the aggregate of data only the admin  province has an authority. So, every country that need the data from PMA 2020 for make a decision of Family Planning must have deal for an access to the server. 

Finnaly



The participants get so much information for PMA 2020 and may be, the important session when program Open Data Kits will be presented by the committee after the first workshop closing. Specially of ODK, I have so understand how the MDK  application in South Kalimantan,  not only show the data of family but the family planning map in South Kalimantan. And may be the session in day 3rd on July 17 2014 is needed for application of MDK in my country to makes an easy calculation, so these data can be analysed and serves to the Region Government perfectly.

This article just for share  of information. Hopefully it can be a positive suggests for anybody to trying to knowing and understanding about PMA 2020. But the complete information, anybody can open link of Johns Hopkins University.

Sabtu, 31 Mei 2014

MEMAKAN SIMALAKAMA

Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2014 tentang Penghematan Belanja Negara telah diterbitkan.  Latar belakang diterbitkannya instruksi ini adalah defisit anggaran dalam APBN 2014 sebesar Rp. 100.000.000.000.000,- Untuk mengatasi defisit anggaran sebesar itu maka dilakukan penghematan di semua Kementerian dan Lembaga penyelenggara pemerintahan.

Besaran penghematan antara kementerian/lembaga tidak sama. Yang pasti, semua kementerian/lembaga berdasar instruksi ini, harus memangkas anggaran tahun 2014 sebesar 25 sampai dengan 45 persen. BKKBN pada lampiran Inores tersebut dihemat sebesar 29,43%.

Arus Politik

Penghematan atau efisiensi sebenarnya merupakan hal biasa saja dalam tatanan keuangan negara. Apalagi bila perhitungannya disebabkan adanya defisit anggaran yang membuka peluang untuk meminjam atau mendapat bantuan dana luar negeri yang pada akhirnya menambah hutang Indonesia ke luar negeri.

Yang tidak biasa dalam penghematan ini adalah keluarnya Instruksi Presiden nomor 4 tahun 2014 pada akhir masa kerja pemerintahan. Dengan penghematan 25%-45% ini maka bisa dipastikan bahwa 6 (enam) bulan ke depan seluruh kementerian/lembaga sudah tidak memiliki anggaran yang memadai untuk melaksanakan kegiatan sesuai tugas pokok dan fungsi-nya.

Di sisi yang lain, dalam 6 (enam) bulan ke depan, pemerintahan di Indonesia mengalami pergantian. Pergantian pemerintahan ini merupakan hasil dari Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden.  Dengan demikian bisa dibayangkan bahwa pergantian pemerintahan akan diawali dengan tidak tersedianya anggaran yang memadai untuk pelaksanaan kegiatan pemerintahan itu sendiri.

Ini semua menggambarkan bahwa, arus politik saat ini berpengaruh besar terhadap kebijakan dan sangat berpengaruh pula terhadap kinerja di kementerian/lembaga.

Budaya Yang Diuji

BKKBN merupakan bagian dari lembaga pemerintah yang wajib melaksanakan Instruksi Presiden tersebut. Itu sebabnya, penghematan dilakukan dari pusat hingga ke provinsi. Besaran penghematan pun ditentukan berbeda antar provinsi.

Kebijakan pemerintah dengan menerbitkan Instruksi Presiden yang memangkas anggaran tersebut menyebabkan sebagian besar kegiatan tidak lagi tersedia anggarannya. Baik itu kegiatan penunjang, kegiatan baku dan kegiatan strategis mendapat perlakuan yang sama untuk di efisiensi. Hal ini, bagi BKKBN bagai buah simalakama sebab persentasi terbesar dari anggaran BKKBN justru diperuntukkan bagi tugas-tugas yang terkait dengan mitra kerja utamanya di lini lapangan.

Dari peristiwa yang hanya memakan waktu beberapa hari tersebut, buah simalakama ini suka tidak suka harus dimakan bersama oleh seluruh pengelola program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. Akan tetapi, memakan buah simalakama yang bernama efisiensi ini tidak harus mengakibatkan mitra kerja di lini lapangan mati, tidak harus menyebabkan BKKBN mati di tangan pemerintah Indonesia dan juga jangan sampai mematikan pengelola program KKBPK.

Hadirnya buah simalakama yang harus dimakan bersama ini, sebenarnya merupakan ujian bagi budaya kerja yang dibanggakan pegawai BKKBN selama ini.  Budaya kerja yang diuji adalah :

ü Seberapa tinggi tingkat kecerdasan para pengelola program KKBPK untuk mengoptimalkan atau meningkatkan manfaat dari dana yang tersisa akibat efisiensi sehingga visi dan misi program tetap tercapai dengan TFR yang turun dari angka 2,6

ü  Seberapa kuat keuletan para pengelola program KKBPK untuk terus berusaha mencapai TFR di bawah 2,6 dengan memanfaatkan unsur organisasi seperti Man, Money, Machine, Method, Material dan Market yang tersedia

ü  Seberapa teguh kemitraan internal dan eksternal dalam mendukung pelaksanaan program KKBPK sehingga pencapaiannya tidak lagi diberi warna merah.

Keberhasilan BKKBN menghadapi ujian ini akan terlihat pada capaian akhir tahun 2014 yakni tetap mewujudkan penurunan TFR walaupun sudah memakan buah simalakama. Dan yang lebih penting adalah bahwa keberhasilan itu membukti BKKBN tidak terkena dampak arus politik saat ini.

Tulisan ini hanya sumbang pemikiran dengan harapan, semua memiliki semangat yang sama......mensukseskan program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga.

Salam KB, DUA ANAK CUKUP !!

Selasa, 25 Maret 2014

MENANGIS PERTAMA

Perjalanan saya ke Sukabumi tempo hari, menyisakan satu catatan kecil yang ingin saya bagikan melalui blogspot saya ini.

Terus terang, saya tidak tahu namanya. Keberadaan saya dalam kelompok diskusi dimana beliau sebagai pembicara dikarenakan peserta diskusinya adalah para pengelola data dan informasi dari BKKBN Pusat yang sedang melakukan stydu banding ke Jawa Barat terkait dengan pendataan keluarga. Pembicaraan malam itu, memberi nilai tambah sendiri bagi saya, dan sayang rasanya bila hanya menjadi milik kami yang berdiskusi hingga lewat pukul 12.00 WIB malam itu.

TFR STAGNAN, SIAPA YANG MENANGIS ?

Stagnan-nya Total Fertility Rate merupakan salah satu pokok bahasan dalam diskusi singkat tersebut. Dengan stagnanya angka TFR pada 2,6 skala nasional, satu pertanyaan mendasar dari beliau adalah siapa yang seharusnya menangis ?

Secara keseluruhan tentunya yang menangis adalah BKKBN. Akan tetapi, sebagai sebuah organisasi, BKKBN memiliki unit-unit kerja. Sebagai sebuah sistem maka BKKBN memiliki sub sistem yang bekerja dalam memenuhi target organisasi. Maka, sub sistem manakah yang seharusnya menangis karena TFR stagnan di angka 2,6. Sub sistem dalam sistem besar BKKBN adalah KB-KR, KS-PK, Sekretariat, Latbang, Dalduk dan ADPIN. Sub sistem ini memiliki unit kerja yang satu sama lain saling berkaitan. Ini gambaran dari penjelasan beliau tentang BKKBN.

Ketika TFR Stagnan maka yang seharusnya menangis pertama kali adalah Sub Sistem KS-PK. Hal ini dikarenakan Sub Sistem KS-PK memiliki tugas pokok dan fungsi melakukan pembinaan terhadap Pasangan Usia Subur sesuai dengan kriteria Pasangan Usia Subur itu sendiri. Bila PUS memiliki anak Balita maka pembinaan kesertaan ber-KB melalui BKB, bila memiliki anak Remaja maka pembinaan kesertaan ber-KB melalui BKR dan bila memiliki anggota keluarga lansia maka pembinaan kesertaan ber-KB melalui BKL.
Disisi lain, TFR sangat dipengaruhi oleh ASFR yang bila dilihat pada kelompok umur 15-19 terdapat angka kelahiran yang cukup tinggi.  Oleh karenanya, pembinaan terhadap Generasi Muda yang dilakukan melalui program GenRe tidak semata-mata menumbuhkan institusinya melainkan memberikan pembinaan kepada para remaja agar tidak keburu meninkah.

Apabila pembinaan melalui Sub Sistem KS-PK ini sudah benar maka yang harus menangis kedua adalah Sub Sistem KB-KR sebab keberhasilan pembinaan yang tidak dibarengi pelayanan juga menjadikan TFR stagnan. Yang menangis ketiga adalah Sekretariat sebagai wadah penyediaan alat kontrasepsi.

PESERTA KB BARU dan PESERTA KB AKTIF

Secara nasional Peserta KB Aktif  atau disebut juga Contraceptive Prevalence Rate sesuai hasil SDKI adalah 64%. Idealnya, CPR tidak akan sama dengan atau lebih dari 80%. Kalau ada daerah dengan capaian lebih dari 80% maka patut dipertanyakan keabsahannya. Hal ini disampaikan beliau berdasarkan asumsi bahwa sudah seharusnya diberi ruang sebanyak 15-20% dari pasangan usia subur ini untuk hamil dan ingin anak segera terutama bagi mereka yang belum punya anak atau anaknya baru satu orang. Oleh  karena itu, PA yang sebesar 64% ini harus mendapatkan pembinaan secara intensif agar bertahan di angka tersebut atau meningkat ke angka 70% yaitu dengan melakukan pelayanan KB terhadap PUS.

Bila target pencapaian di arahkan pada PA maka logika berpikirnya adalah program KB mempertahankan PA dan meningkatkan PA dari PB. Sedangkan bila target pencapaian hanya diarahkan pada PB maka logika berpikirnya adalah program KB hanya mengejar PB yang tidak selalu memberi nilai tambah pada PA. Penggambaran lain dalam hal ini adalah apabila BKKBN menggarap PA maka dengan sendirinya akan menggarap PB sebab penambahan PA itu sendiri berasal dari PB.

Apabila PA tidak bertambah atau PB tidak mendukung ke arah penambahan PA maka yang menangis pertama kali adalaha Sub Sistem KB-KR dalam pelayanan diikuti Sub Sistem Sekretariat dalam penyediaan alat kontrasepsi.

PERIHAL DATA

Ada protes kecil dari para pengelola Data dan Informasi sebab dengan stagnan-nya TFR di 2,6 yang ditunjuk bersalah justru laporan yang diolah di bagian Data dan Informasi. Hasil penayangan dalam laporan bulanan dianggap “sampah” dan menjadi biang kerok stagnan-nya TFR di 2,6.

Bapak yang lama bertugas di Bina Program, pernah menjabat sebagai Kepala BKKBN Kabupaten dan pensiun di HOTL ini menyayangkan adanya pihak yang menyebutkan data sebagai penyebab stagnan-nya TFR. Hal ini dikarenakan, Sub Sistem ADPIN bertugas dalam mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data yang diperoleh dari hasil pelayanan dan pembinaan. Dengan demikian, apabila ada kekeliruan dalam pengolahan dan penyajian data harus dilihat pada input datanya. 

Apabila data yang disajikan adalah “sampah” sehingga menyebabkan TFR stagnan maka sumber data adalah gudang sampah. Dengan perbaikan sistem pencatatan pelaporan yang menggunakan Informasi Tehnologi dan dilakukan secara online maka sumber data yang dikatagorikan gudang sampah bisa jadi Perwakilan BKKBN di Provinsi dan bisa jadi SKPD-KB Kabupaten/Kota. Bagaimana cara melihat gudang sampah tersebut ?

CATATAN KECIL DARI SAYA

Pencatatan dan pelaporan berbasis IT yang dikembangkan Sub Sistem ADPIN memiliki 2 cara input data dari sumber data yang sama. Sumber data adalah SKPD-KB Kabupaten/Kota. Bila sebuah provinsi sudah melakukan pencatatan dan pelaporan secara online langsung dari operator Kabupaten/Kota maka sumber data itu jelas dari Kabupaten/Kota. Maka provinsi yang 100% Kabupaten/Kota nya melakukan pencatatan pelaporan secara online memiliki 100% gudang sampahnya berada di Kabupaten/Kota.

Cara input data lainnya adalah online dari provinsi sebab Kabupaten/Kota di wilayah tersebut belum seluruhnya online. Ada yang sudah 80% online, ada yang sudah lebih 30-50% online dan ada yang dibawah 30% online. Pada wilayah dengan sistem online semacam ini, memiliki gudang sampah 80% di Kabupaten/Kota dan 20% di provinsi ; 30-50% memiliki gudang sampah di Kabupaten/kota dan 70-50% di provinsi; Kurang dari 30% memiliki gudang sampah di Kabupaten/Kota dan 70% memiliki gudang sampah di provinsi.

Saya ingin mengambil sedikit peribaratan yang dikemukan Buya HAMKA dalam sebuah buku yang ditulis beliau mengenai Falsafah Hidup.

Janganlah kau tunjukkan jari pada orang lain untuk menyalahkan orang itu dan membernakan dirimu sendiri sebab sejatinya ada tiga jari lain yang menunjuk dirimu sendiri.

Saya menambahkan sedikit pada bagian akhirnya, tiga jari lain yang menunjuk dirimu sendiri dan diperkuat oleh jempol.


Makna yang terkandung dalam ungkapan Buya HAMKA tersebut adalah dengan menyalahkan orang lain sebanyak satu kali tunjukan maka ada tiga kesalahan yang menunjuk ke arah dirimu sendiri. Arti ringkasnya, sebelum menyalahkan orang lain, introspeksi lah dulu secara menyeluruh. 

Entri yang Diunggulkan

MENILIK KELEMBAGAAN (Pengamatan dari 3 bagian)

S aya sudah pernah menulis mengenai kelembagaan BKKBN dalam artikel di  https://uniek-m-sari.blogspot.com/2015/02/uu-no-23-tahun-2014-dan-kk...